Monday, January 23, 2017

Tips Wajib Rutinitas Istri Yang Di Sayang Suami

#5 Tips Wajib Rutinitas Istri Yang Di Sayang Suami 



Tips Wajib Rutinitas Istri
Istri Tersayang Via Flickr
Rutinitas merupakan kegiatan yang rutin dilakukan secara terus menerus setiap waktu dalam berbagai aktivitas kegiatan. Kegiatan yang dilakukan secara rutinitas terkadang menimbulkan rasa bosan. Hal ini terjadi karena belum siapnya seorang istri pasca nikah dalam mengetahui dan memahami secara jelas, apa-apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang Ibu Rumah Tangga. Berbicara tanggungjawab perlu diketahui terlebih dahulu oleh seorang istri pasca nikah. Dia harus tau betul kewajiban dan hak menjadi seorang istri. Biasanya hal ini sudah di beri tahu secara dini dalam pembelajaran di KUA (kantor Urusan Agama) saat pra nikah. Tentu pembelajaran terkait pernikahan bisa dicari lewat buku-buku, Internet, maupun Orang Tua kita yang sudah berpengalaman.
Rutinitas sebagai Ibu Rumah Tangga merupakan kewajiban bersama dalam sebuah pasangan suami-istri. Seorang Istri mempunyai faktor penentu dalam suksesnya sebuah rumah tangga. Presentase jaminan suksesnya berumah tangga merupakan peran penting dari sosok seorang istri. Beban yang tidak ringan merupakan tantangan tersendiri dari seorang istri. Seorang istri dapat dikataan sebagai bumi dan pilarnya rumah tangga sedangkan seorang suami ibaratnya seperti atapnya rumah tangga.  Dapat diartikan sebagai berikut peranan sosok istri menjadi dasar dan kokohnya rumah tangga apabila kewajiban-kewajiban menjadi seorang istri dilaksanakan dengan baik. Sedangkan, peran seorang suami adalah mengayomi, melindungi, memfasilitasi, memberikan nafkah lahir maupun batin, dan memimpin keluarga.
Kebosanan timbul pada saat sosok seorang istri belum terbiasa dengan rutinitasnya, apalagi setelah melewati beberapa minggu pasca nikah terkadang akan terlintas hal tersebut. Terus hal preventif apa yang harus dilakukan untuk menghindari kebosanan dalam suatu rutinitas. Tentu hal ini dapat dijawab setelah mengetahui rutinitas apa saja yang harus dilakukan seorang istri atau Ibu Rumah Tangga pasca menikah berikut akan saya jelaskan sebagai berikut :

#1 Layani Sang Suami dengan Ikhlas dan Sepenuh Hati

Memberi bantuan kepada seorang Suami merupakan bentuk pengabdian seorang istri yang luar biasa dan hal yang paling berkualitas dalam membangun sebuah rumah tangga yang harmonis. Bahkan janji Allah SWT akan memberikan pahala yang luar biasa.Dari, Setiap bentuk pengabdian seorang istri terhadap Suaminya, anaknya, maupun harta yang ditinggalkan di rumah dengan menjaganya, saat suami berada diluar rumah untuk memenuhi kewajibannya mencari nafkah.  Ketika seorang istri mampu menjalankan rutinitas point ini maka keindahan pernikahan anda akan dapat dirasakan harmonisasi dalam berkeluarga.

#2 Dandan atau Bersolek Secantik dan Semenarik Mungkin Untuk Seorang Suami Saat di Rumah

Hal ini sangat menjadi penting karena ketika diluar rumah Sang Suami bekerja mencari nafkah , mereka akan banyak melihat yang bukan muhrimnya atau lawan jenis yang tidak semestinya untuk dilihat. Point ini saya dapat katakan perlu diperhatikan, oleh kaum hawa khususnya yang sudah berkeluarga dan bersuami. Di point ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang menstream. Contohnya: mencegah terjadinya perselingkuhan, perzinahan baik langsung maupun tidak langsung, dan jangan sampai bersitan fikiran seorang suami bahwa rumput tetangga lebih hijau daripada rumput halaman rumahku.

#3 Usahakan Mampu Memberikan Senyuman Kepada Suami Walau dalam Keadaan Capek Seharian Melakukan Aktivitas di Rumah

Senyuman merupakan bentuk aktivitas tubuh manusia yang dapat dilihat di wajah Seseorang dan menimbulkan perasaan yang menyenangkan bagi yang melihatnya. Tentu perntanyaan akan muncul, terus apa tuh hubungannya senyuman dengan rutinitas Ibu Rumah Tangga? Yups, akan saya jawab begini, Seorang Istri dan Suami dapat dikatakan dapat melihat secara terus menerus ketika dirumah. Kecuali ada hal-hal tertentu yang tidak dapat melihat wajah dari setiap individu masing-masing pasangan , seperti ketika berkedip, tidur, dan aktivitas lainnya ketika tidak secara langsung bertatap wajah dengan pasangannya. Nah, ketika bertatap wajah, lakukan momentum senyuman yang dapat memicu hubungan yang harmonis, romantis, dan penuh kasih sayang ketika anda sedang bersama pasanganmu.

#4 Mampu Menjaga Diri

Hah... mampu menjaga diri  kok dikatakan rutinitas ibu rumah tangga? Yups, bagi Saya pribadi sebagai seorang laki-laki, mampu menjaga diri itu merupakan rutinitas sebagai seorang istri atau ibu rumah tangga yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa ???  karena ini menyangkut reputasi sebuah keluarga, dimana seorang istri harus memiliki kemampuan untuk dapat menjaga diri dari bergosip, memfitnah, iri atau dengki dengan tetangga sebelah, dan di usahakan mampu menjaga harta benda serta aib dari pasangannya. Point ini kadang banyak orang yang tidak mampu dijadikan sebagai rutinitas sehari-hari dalam kegiatannya.

#5 Mencium Tangan Suami dan Meminta Izin Jika Ada Keperluan di Luar Rumah

Pada point terakhir ini, bentuk pengabdian yang tulus dan sepenuh hati ini akan terlihat pada diri setiap Seorang Istri yang baik. Disadari atau tidak bagi seorang suami yang memiliki Seorang istri yang penuh pengabdian kepada keluarga merupakan idaman dan impian setiap pasangan. Dengan pengabdian yang tulus akan muncul keluarga yang bisa dikatakan mendapatkan tiga point utama dalam keluarga yaitu mendapatkan SAMAWA (Sakinah Mawadah Warahmah) Insya Allah. Tentu rutinitas ini harus menjadi sesuatu yang dibiasakan sehingga cinta suami kepada istri dan sebaliknya akan tercipta lingkaran harmonisasi berkeluarga.

Dari penjelasan di atas kiranya dapat menjadi tambahan wawasan dan ilmu yang bermanfaat. Tidak dipungkiri bahwa setiap aktivitas yang berkualitas dan dijadikan rutinitas atau kebiasaan menjadikan diri kita menjadi lebih baik dari hari kemarin, dan akan menjadi sesuatu yang lebih baik untuk masa yang akan datang...
Yups, mari Kita rubah Kesulitan yang ada pada diri kita, menjadi Kebiasaan yang menuntun kita pada Kemudahan. Let’s do it now.
Salam Sukses.

~Arif Hermaawan~

No comments:

Post a Comment