Monday, January 23, 2017

Penting!! Cara Menulis Terhindar Dari Kejenuhan

Penting!! Cara Menulis Terhindar Dari Kejenuhan



terhindar dari kejenuhan
Motivasi Menulis Via  Flickr
Menulis merupakan kegiatan merangkai huruf, kata, kalimat, dan mengaitkan antar paragraf agar menjadi tulisan yang holistik (utuh) dan terjadi harmonisasi tulisan yang mudah dimengerti dan dipahami oleh yang membacanya. Kegiatan menulis yang begitu intens terkadang membuat kita didatangi rasa kejenuhan. Kedatangannya pun terkadang susah untuk dihindari, karena kejenuhan datang saat kita dalam kondisi alam fikir bawah sadar kita, terpengaruh oleh beberapa item. Item-item yang mempengaruhi dan mengundang kejenuhan saat menulis diantaranya mentok mau nulis apa ketika sudah ditengah-tengah proses penulisan, terganggu karena suara bising, belum menemukan inspirasi yang membantu untuk dijadikan bahan tulisan, menulis dalam keadaan haus dan lapar, dan gangguan-gangguan yang membuat kejenuhan itu menghampiri Sang Penulis.
Menjadi penulis yang baik tentu tidaklah mudah untuk menghindari rasa kejenuhan tersebut. Apalagi, bagi penulis seperti Saya yang masih baru mengenal dunia penulisan. Tak jarang rasa bosan, malas, jenuh, capek, tidak ada yang memotivasi  agar selalu menyemangati Saya, untuk terus berkarya dan menulis. Tentu hal ini menjadi tantangan terbesar Saya sebagai Pemula dalam Menulis. Untuk menjadi Penulis yang bisa dikatakan baik tentu membutuhkan jam terbang yang tidak sedikit. Di katakan oleh Ust. Felix Saw bahwa menekuni suatu bidang tertentu dibutuhkan waktu sekitar 10.000 jam, untuk menjadi handal dalam suatu bidang tertentu. Jadi, siapkanlah diri kamu dari sekarang kalau ingin handal dalam bidang tertentu.
Menjadi Seorang Penulis yang mampu menulis dengan baik dan benar merupakan idaman bagi semua para penulis baik newbie maupun yang sudah master. Apalagi menghasilkan karya dasyat yang mengagumkan dan best seller. Berikut ini akan saya paparkan buah fikiran Saya, yang saya hasilkan dari berfikir keras Saya, untuk menemukan cara agar terhindar dari kejenuhan saat menulis :

#1 Tentukan Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhukan Untuk Menulis !!

Yups, menentukan target dalam menulis sangat lah penting wahai pembaca. Kenapa? Karena dengan kita menentukan deadline waktu kita saat proses menulis, akan membuat kita termotivasi untuk mengejar waktu yang sudah ditargetkan. Berbeda dengan menulis yang tidak ditargetkan. Saya merasakan sendiri lho... karena sudah mempraktekkannya. Item pertama ini akan sangat membantu sekali dalam proses kita menulis mencapai target waktu yang telah ditentukan. Wal hasil nulisnya tidak akan diganggu oleh kejenuhan.

#2 Bacalah Buku-Buku Yang Terkait Dengan Yang Kamu Tulis !!

Biasanya saat proses menulis kita akan mengalami yang namanya “mentok” apa yang mau ditulis berikutnya. Hal ini, akan mengundang datangnya “KEJENUHAN”, dan ini lah “PENYAKIT AKUT” berbahaya yang sering melanda Penulis. Terkadang, sekali kita berjumpa dengan yang namanya penyakit kejenuhan, maka hal ini akan menimbulkan penyakit-penyakit lainya seperti bosan, malas, ngantuk, lesu, yang lebih menstreamnya lagi sampai menjadi seorang Plagiat karya orang lain. Solusi untuk terhindar dari kejenuhan yaitu membaca, hal ini menjadi penting bagi seorang Penulis, baik yang Newbie maupun yang sudah Master. Hal demikian, menjadi sangat diperlukan sebagai dasar kita untuk menulis dan menambah perbendaharaan kata-kata yang sudah terekam dalam memori otak kita. Dan aktivitas menulis pun menjadi aktivitas yang mengasyikan.

#3 Regangkan Otot Tangan, Pinggul, Dan Mata Sejenak !!

Aktivitas meregangkan badan membantu kita untuk mengurangi tingkat kejenuhan yang  dialami. Penting untuk dilakukan, setelah kita berkutat dengan layar komputer atau pun dengan buku-buku dan pena yang dilakukan berjam-jam. Melakukan peregangan badan memicu organ-organ tubuh  yang kaku menjadi lentur kembali dan mudah untuk dikendalikan oleh sensor motorik otak. Dengan demikian, aktivitas menulis pun bisa kita mulai lagi dengan anggota badan yang nyaman.

#4 Istirahatlah Sejenak, Untuk Merefresh Fikiran Kamu !!

Memang acap kali Penulis dihadapkan pada situasi kemacetan menulis. Hal demikian,  mengundang penyakit kejenuhan yang mendatangi Penulis. Tak jarang setelah dihinggapi kejenuhan proses menulis berhenti. Syukur-syukur kalau bisa bangkit lagi dan mau menulis lagi, kalau tidak, coba bayangkan!! Bisa batal jadi Penulis hebat. Oya, sebelum itu terjadi pada diri Penulis lebih baik kamu tentukan waktu istirahat. Misal, kamu nulis menghabiskan waktu selama 3 jam. Kamu sisipkan tuh, waktu istirahat. Kira-kira ya 15 menit atau bisa disesuaikan dengan selera kamu, intinya harus ada waktu istirahat tersebut. Biar otak kita gak spanneng.

#5 Makan Dan Minumlah Secukupnya !!

Hmm, oya sahabat. Saat kamu akan menulis usahakan kamu sudah makan dan minum ya. Hal ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita saat menulis. Menjadi Penulis itu membutuhkan energi yang tidak sedikit lho,  soalnya pikiranlah yang bekerja keras dan capek fikir dengan capek fisik juga berbeda. Capek fikiran itu lebih menguras tenaga dan kondisi psikis kita.  Oleh karena itu, saya sarankan makan dan minumlah secukupnya sebelum memulai kegiatan menulis supaya energi untuk menulis jadi dahsyat. Dan.. semangat menulis !!

Oke, itu lah kiranya paparan artikel yang saya buat, barangkali bisa jadi masukan dan saran yang baik untuk kamu semua. Berkaryalah terus dengan menulis wahai sahabat, karena dengan menulis kita sama saja membuat ladang pahala. Karena apa yang kita sampaikan jika itu bermanfaat maka akan memperoleh sesuatu apresiasi yang luar biasa dari Sang Maha Kuasa.
Yup, demikian kiranya paparan tulisan saya salam dari Sahabat Pena

~Arif Hermawan~

No comments:

Post a Comment