Saturday, January 28, 2017

TIPS : AMPUH CARA MENJAGA MATA ANDA DARI PENGLIHATAN MINUS


cara menjaga mata
Mata Anda bermasalah Via kacamata.com
Merconilmu – Hai Sahabat Mercon ilmu, apa kabar anda hari ini? Saya harap keadaan anda hari ini baik dan sehat. Oya, Saya dapat keluhan dari salah satu teman saya. Dia salah satu seorang teman yang suka sekali membaca, baik dengan handphonenya, laptop, buku, e-book, blog, berita, kamus, artikel bahasa jepang, dan buku-buku lainnya. Dalam status yang ada di bbm, Dia mengatakan kurang lebih begini “mata saya minusnya tambah karena terlalu sering membaca dan mainan handphone dan laptop”. Sebagai teman, tentu saya merasa sedih dan prihatin akan hal tersebut. Untuk membantunya tentu harus dilakukan pendekatan yang baik dari segi aktivitas yang sering Dia lakukan. Salah satunya adalah makan dan minum yang lebih baik dan sesuai ketentuan untuk mengurangi apa yang menjadi keluhannya. 

Perkembangan teknologi pada abad ke-20 khususnya dalam bidang teknologi elektronik mengalami kemajuan yang sangat luar biasa dan banyaknya. Kemajuan elektronik tersebut diantaranya handphone, televisi, laptop, personal komputer, psp, dan sebaginya. Perkembangan yang sangat maju ini ternyata juga memiliki pengaruh buruk terhadap pengguna berbagai teknologi tersebut. Hal tersebut terjadi, karena kurang bijaknya dalam menggunakan perkembangan teknologi saat ini. Bahkan hampir setiap orang khususnya di Indonesia memiliki gadget baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Lebih parahnya lagi mereka mengalami kecanduan yang bisa dikatakan luar biasa. Kalau boleh saya katakan, kalau sehari saja tanpa menggunakan gadget dunia ini serasa hampa. Betul tidak? Hehe. Maaf sebelumnya saya katakan begitu, karena kenyataanya banyak yang mengatakan begitu.

Mata merupakan bagian dari pancera indera yang sangat penting bagi setiap manusia. Dengan mata kita dapat melihat dunia, warna, orang yang kita cintai, hewan, tumbuhan hijau, bintang, bulan, dan benda- benda lainnya yang dapat dilihat oleh mata. Tentu rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta sudah selayaknya kita apresiasi dengan baik. Menjaga dan menggunakan mata dengan baik merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dapat kita lakukan.
Dampak yang dihasilkan dari teknologi elektronik khususnya yang mengeluarkan cahaya, salah satunya seperti gadget mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap kinerja mata apabila menerima radiasi yang berlebihan. Diantara dampaknya yaitu bertambah minus pada mata, rabun jauh, dan kurang berkualitasnya penglihatan pada mata sebagai akibat terkena sinar gadget yang berlebihan.

Bila di runut pada zaman sekarang memang perkembangan teknologi dari segi penggunaannya memang sudah tak terbendung lagi. Semua kembali lagi kepada setiap individu masing-masing orangnya, apakah dapat menggunakan dengan bijak atau tidak ? tentu hanya anda lah yang bisa menjawab pertanyaan saya tadi.

Tak khayal dari masalah perkembangan teknologi elektronik yang ada tersebut, banyak juga dampak negatif yang salah satunya banyak terjadi pada orang-orang jaman sekarang masih muda tapi panca indera penglihatannya sudah terganggu. Salah satu solusinya apabila hal tersebut sudah terjadi pada diri anda tentu dengan menggunaka kaca mata, atau denagan alat bantu lainnya seperti menggunakan lensa tanpa frame. Namun  hal itu, tentu tidak efektif. Untuk salah satu cara solusi terbaiknya yaitu dengan cara mengurangi minus manta anda dengan cara yang alami walaupun memang harus membutuhkan komitmen yang tinggi agar pola dan cara makan, makanan yang sehat dapat terjaga dan teratu dengan baik.

Terganggunya mata seseorang bisa diakibatkan beberapa masalah salah satunya karena kekurangan makan-makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A adalah kelompok senyawa yang termasuk sebagai anti oksidan untuk tubuh. Senyawa anti oksidan ini menjadi kunci penting untuk kesehatan mata, mendukung sistem pertumbuhan tulang dan juga sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari vitamin A adalah untuk mensuplai selaput lendir pada bagian mata, menghambat perkembangan infeksi virus dan bakteri serta mengatasi masalah penyakit pernafasan seperti asma. Jadi, vitamin A memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh, selain untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A pun memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu :

1. Retinol

Retinol adalah jenis vitamin A yang didapatkan dari hewan. Bentuk vitamin ini dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh dan tidak mengalami pengolahan di dalam tubuh.

2. Karotenoid
Karotenoid adalah salah satu bentuk pro vitamin A yang diolah menjadi retinol oleh tubuh. Sumber makanan yang memiliki karotenoid adalah sayuran, buah-buahan dan beberala tanaman umbi.

Anda yang kekurangan vitamin A akan mengalami beberapa hal diantaranya yaitu :
11. Rabun senja. Rabun senja adalah salah satu gejala umum yang paling sering ditemukan pada orang yang kekurangan vitamin A. Gejala ini dapat diobati dengan banyak mengkonsumsi vitamin A yang berasal dari hewan (retinol).
 2. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan secara langsung kepada organ dalam mata seperti kekeringan pada kornea, penglihatan kabur, dan infeksi pada kornea.
 3. Akibat paling parah dari kekurangan vitamin A adalah muncul kerusakan pada bagian retina yang sulit untuk diobati sehingga biasanya menyebabkan kebutaan.
 4. Jika tubuh tidak cukup mendapatkan vitamin A, maka tubuh tidak mempunyai sistem kekebalan terutama yang berkaitan dengan pernafasan seperti asma dan penyakit saluran pernafasan.

Untuk mensuplai beberapa vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, tentu anda harus makan-makanan yang banyak mengandung vitamin A. Baik itu yang berasal dari Sumber makanan yang dari daging, sayuran, maupun buah-buahan yang mengandung vitamin A.



____________________________________________________________

Makanan Yang Mengandung Vitamin A Dari Daging :
  • Hati Sapi (31,718 IU / 100 gr, 634 % Akg)

bahaan makanan yang mengandung vitamin A
Hati Daging Sapi via pedagingsapi.com
Hati sapi terkadang dilihat sebagai makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak. Tapi semua itu ternyata tidak benar. Hati sapi banyak mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah. Dalam 100 gram hati sapi ditemukan vitamin A (retinol) hingga 31,718 IU atau sekitar 634 % DV.

Vitamin A yang terdapat dalam hati sapi memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Untuk menunjang kesehatan organ dalam mata dan kesehatan mata secara       umum.
2. Vitamin A berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga             tubuh tidak mudah terserang penyakit.
3. Vitamin A juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan fungsi organ         reproduksi.
  • Hati Ayam (13,328 IU / 100 gr, 267 %)

cara menjaga mata
Hati Ayam Via dokterhewan.com
Hati ayam menjadi salah satu makanan yang mudah kita dapatkan. Hati ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu ternyata dalam satu buah hati ayam ditemukan sebanyak 13,328 IU / 100 gr, 267 % dari total kebutuhan tubuh.







  •  Ikan Makarel (187 IU / 100 gr, 4 %)

cara menjaga mata
Ikan Makarel Via elmno.com
Ikan makarel banyak diolah menjadi ikan sarden atau jenis ikan olahan yang dikemas dalam kaleng. Ikan makarel mengandung banyak sumber vitamin dan mineral. Ikan makarel mengandung protein, kalsium, selenium, kalium, dan magnesium. Selain itu ikan makarel kaya akan berbagai jenis vitamin seperti niacin, asam folat, kolin, vitamin D, vitamin K, vitamin A, dan juga vitamin B12. Kandungan vitamin A dalam ikan makarel mencapai 187 IU atau sekitar 4 % DV dari kebutuhan konsumsi harian.

Ikan makarel bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:
Memperbaiki sistem otot tubuh terutama untuk menghasilkan tenaga dan energi.
Ikan makarel bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf tubuh, sistem metabolisme dan juga kesehatan jantung.
Vitamin A dalam ikan makarel juga sangat penting untuk membantu kesehatan retina dan mencegah kebutaan.
  • Telur (487IU / 100 gr, 10 %)

cara menjaga mata
Telur Ayam Via didiki.com
Telur menjadi makanan favorit semua orang. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dan juga memiliki harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Meskipun telur terlihat seperti makanan yang murah, namun dalam satu butir telur memiliki berbagai macam jenis kandungan vitamin dan mineral. Beberapa jenis vitamin dalam telur adalah vitamin B5 (7%), vitamin B2 (15%), vitamin B2 (9%), folat (5%),vitamin A (6%) dan beberapa sumber mineral seperti seng, kalsium, tembaga, fosfor dan selenium. Kandungan vitamin A dalam telur bisa mencegah kebutaan dan sistem kerusakan organ pada mata. Selain itu telur juga banyak mengandung zeaxanthin dan lutein yang menjadi oksidan kuat utuk mencegah kebutaan.
  • Ikan Salmon (2500 IU / 100 gr, 40 %)

cara menjaga mata
Ikan Salmon Via mejhf.com
Ikan salmon adalah ikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ikan salmon memiliki jumlah sodium yang sangat rendah. Selain itu beberapa sumber nutrisi juga ditemukan dalam ikan salmon, seperti asam pantotenat, fosfor, riboflavin, protein, vitamin B6, niacin, vitamin B12 dan selenium.





________________________________________________

Makanan Yang Mengandung Vitamin A dari Buah dan Sayur

  •  Wortel (16,705 IU / 100 gr, 334% DV)

cara menjaga mata anada
Wortel Via Petanisayur.com
Wortel adalah sayur untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Wortel memiliki rasa yang segar dan bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti salad, sup, nugget dan olahan lain. Rasa manis dan renyah pada wortel membuat sayuran ini sangat lezat untuk dimakan. Selain itu dalam 100 gram wortel ditemukan sekitar 16,705 IU atau sekitar 334% DV dari total kebutuhan untuk wanita dan pria. Jumlah kandungan vitamin ini sangat tinggi dan menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A dalam wortel bisa tetap didapatkan baik dalam bentuk jus wortel maupun sudah dimasak.


Mengkonsumsi wortel memiliki beberapa keuntungan untuk kesehatan, antara lain:

  • Wortel mempunyai kandungan beta karoten yang sangat tinggi dan prosesnya bisa dirubah menjadi retinol. Sehingga wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan terhadap retina, dan mencegah katarak pada usia lanjut.
  • Wortel memiliki kandungan falkarinol (zat pestisida alami yang ditemukan dalam wortel) dan falcarindiol yang dapat menjadi zat anti kanker dalam tubuh.
  • Kandungan beta karoten dalam wortel juga bisa mencegah berbagai macam gejala penuaan pada kulit. Beta karoten bisa menjadi anti oksidan yang bisa mencegah kerusakan sel-sel sehat.


Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam wortel juga berperan untuk mencegah kerusakan kulit, rambut dan kuku. Bahkan wortel juga bisa mencegah masalah kecantikan kulit seperti pigmen tidak rata, kulit kering, dan jerawat.

  • Bayam (11.450 IU/ 100 gr, 200% )
cara menjaga mata
Bayam Via dedipetani.blogspot.com
Sayur bayam adalah makanan favorit semua orang bahkan anak-anak sangat menyukai sayur bayam. Anda bisa mengolah sayur hijau ini menjadi sup atau tumis. Kebiasaan membuat sup bayam dan wortel menjadi salah satu sumber makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Harga sayuran bayam juga sangat murah sehingga terjangkau untuk semua orang. Tapi khasiat bayam ternyata sangat tinggi, dalam 100 gram sayur bayam yang sudah dimasak bisa memiliki kandungan vitamin A hingga 11.450 IU. Ini adalah jumlah vitamin A yang cukup untuk orang dewasa termasuk pria dan wanita. Selain itu bayam juga mengandung beberapa manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan.

Vitamin A dalam sayur bayam sangat efektif untuk mencegah masalah penuaan dini, masalah kulit kering dan juga kulit yang terlalu banyak dibawah sinar matahari.
Bayam bisa mengatasi berbagai masalah pencenaan seperti sembelit, masalah lambung dan mencegah bisul.
  •  Melon

cara menjaga mata
Melon Via buahrasa.com
Melon adalah buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan. Musim melon di Indonesia biasanya terjadi saat musim kemarau sehingga sesuai untuk menyegaran badan. Namun selain melon menjadi buah yang menyegarkan dan manis ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. dalam 100 gram buah melon ditemukan kadar vitamin A hingga 5400 IU. Selain itu melon juga kaya akan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah melon antara lain adalah:

  • Kandungan zeaxanthin dalam buah melon bisa mencegah masalah penurunan fungsi mata.
  • Vitamin A dalam buah melon bisa mencegah masalah kebutaan, rabun dan menangkal kerusakan organ mata seperti retina.
  • Nutris vitamin A dalam buah melon juga bisa mendukung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat.
  • Kandungan beta karoten dalam buah melon bisa mencegah berbagai masalah gangguan pernafasan seperti asma.
  • Melon mengandung tinggi serat sehingga bisa membantu masalah pencernaan.

  • Tomat
cara menjaga mata
Tomat via bagasbuah-buahan.com
Tomat adalah buah yang mudah kita temukan dan bisa tumbuh sepanjang musim. Warna tomat yang merah dan kandungan air yang cukup tinggi membuat semua orang menyukai tomat. Pemakaian tomat bisa digunakan sebagai bumbu masakan, buah, jus atau campuran salad. Tomat memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, tapi kaya akan mineral dan vitamin. Bahkan dalam 1 buah tomat yang berukuran sedang ditemukan sekitar 1020 IU vitamin A.

Tomat memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar, antara lain:

  • Kandungan licopene dalam tomat membantu tubuh dalam memelihara kesehatan kulit dan rambut.
  • Tomat yang dimasak dalam sup bisa meningkatkan kandungan licopene yang berpedan untuk melawan radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Vitamin A dalam tomat bisa membantu kesehatan mata, mencegah masalah rabun senja dan mengurangi potensi katarak saat usia lanjut.
  • Vitamin K dalam tomat dipercaya bisa membantu pemeliharaan kesehatan tulang.
  • Kandungan asam klorogenik dan coumaric dalam tomat bisa melindungi perkembangan sel kanker pada perokok dan pecandu alkohol.

Yups, demikian kiranya yang dapat saya sampaikan semoga menjadi bahan referensi anda dan pengetahuan yang bisa anda manfaatkan untuk anda maupun orang yang anda sayangi. Terima kasih sudah mampir dan mau membaca artikel sederhana ini.



Salam Sehat Sahabat Pena

~ ~ Arif Hermawan ~ ~



No comments:

Post a Comment