Monday, January 23, 2017

Inilah!! Manusia Paling Berpengaruh Di Dunia - Merconilmu

Takjub: Manusia Paling Berpengaruh di Dunia - Merconilmu


Di Dunia
Pemegang Pengaruh Dunia Via Flicr

Mengapa mereka memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia? Apa saja yang mereka lakukan hingga memiliki pengaruh begitu besar di dunia? Bagaimana mereka bisa memiliki pengaruh begitu besar di dunia? Begitu membaca judul diatas tentu pertanyaan tersebut berkeliaran diatas kepala kita. Apa yaa.. sebenarnya yang membuat mereka memiliki pengaruh yang hebat di dunia?
Yups, Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang diciptakan dengan tujuan untuk menjadi khalifah di muka bumi, yang turun menurun dan terus ada, yang di perantarai oleh seorang Wanita/Ibu.  Maha Karya Sang Pencipta yang luar biasa dengan memberikan amanah-Nya kepada Manusia.  Amanah yang diberikan Allah SWT pun tidak tanggung-tanggung.  Sang Pencipta memberikan keluasan kepada manusia untuk menjaga bumi, memelihara bumi, melindungi bumi, memanfaatkan bumi sebagaimana mestinya, berbuat baik kepada satwa fauna maupun flora dan sebagainya.
Perlu diketahui bersama, bahwa manusia diciptakan berbeda-beda. Perbedaan penciptaan manusia bisa  diketahui dari beberapa aspek, diantaranya yaitu warna kulit, ragam bahasa, tempat daerah mereka tinggal, bangsa, ilmu yang dimiliki, dan perbedaan-perbedaan antar manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Perbedaan manusia yang begitu beraneka ragam tersebut sengaja Allah ciptakan agar manusia bisa saling tolong menolong, menghargai, berkasih sayang, dan mempunyai toleransi terhadap perbedaan. Apabila, perbedaan dapat di tanggapi dan direspon dengan baik tentu hal ini akan menekan terjadinya tindakan yang mengarah kepada kejahatan, namun tentu ada hitam ada putih, ada baik pasti ada jahat, itulah yang ada dimuka bumi ini.
Berikut beberapa manusia yang memiliki pengaruh besar didunia diantaranya yaitu :

#1 Nabi Muhammad SAW

Pengakuan non muslim, Alphonse De Lamartine seorang penulis, sastrawan, politikus, dan budayawan perancis mengatakan apabila parameter untuk menyebut manusia genius adalah talenta hebat dan hasil spektakuler lalu adakah manusia genius dalam sejarah kemanusiaan kontemporer yang mampu mengungguli kegeniusan Muhammad? Orang-orang hebat telah berlomba-lomba menciptakan senjata, menyiapkan strategi perang, merumuskan produk-produk hukum, dan membangun Pemerintahan yang besar. Akan tetapi, kebesaran mereka hanya bersifat sementara dan kehebatan mereka akan lenyap bersama matinya orang hebat itu sendiri.

#2 Al-Khawarizmi

Dalam dunia pendidikan Dunia Al Khawarizmi adalah seorang tokoh Islam yang berpengetahuan luas. Dia lahir pada tahun 780 M dan meninggal pada tahun 850 M. Pengetahuannya begitu mumpuni dan tidak tangung-tangung. Pengetahuan dan keahliannya bukan hanya dalam bidang syariat tapi dalam bidang falsafah, logika, aritmatika, geometri, musik, ilmu hitung, sejarah Islam dan ahli Kimia. Al-Khawarizmi sebagai guru aljabar di Eropa beliau telah menciptakan pemakaian Secans dan Tangen dalam penyelidikan Trigonometri dan Astronomi. Dalam usia muda beliau bekerja dibawah Pemerintahan Khalifah Al-Ma’mun bekerja di Bayt Al-Hikmah di Baghdad Negara Iraq sekarang. Al- Khawarizmi adalah seorang tokoh yang pertama kali memperkenalkan Aljabar dan Hisab. Banyak lagi ilmu pengetahuan yang beliau pelajari dalam bidang matematika dan menghasilkan konsep-konsep matematika yang begitu populer yang masih digunakan sampai sekarang. Contoh nyata penerapan ilmu dari bidang yang diperkenalkan oleh Al- Khawarizmi yaitu penggunaan sistem aljabar yang diterapkan diberbagai bidang teknologi seperti gaget, komputer, mikrochip, microrobot dan lain sebagainya yang terkait dengan sistem teknologi terkini.

#3 Ibnu Sina

Siapa yang tidak kenal dengan satu tokoh Ibnu Sina. Yups, tentu orang yang berkecimpung di dalam dunia kesehatan mereka pasti tahu. Tokoh ini lahir pada tahun 980 M di kawasan Bukhara, Afganistan. Dalam Al Qur’an surat Al Mujadilah ayat 11 dijelaskan bahwa,  orang yang beriman dan berilmu Allah berjanji akan mengangkatnya beberapa derajat. Berangkat dari Firman Allah dalam ayat Al Quran tersebut, banyak lahir tokoh cendekiawan di bidang ilmu pengetahuan umum dari kalangan umat islam. Diantaranya adalah dibidang kedokteran. Ilmuwan Muslim sangat berjasa diberbagai bidang ilmu di dunia, termasuk bidang kedokteran salah satunya. Ketika usia 17 tahun Ibnu Sina sudah memahami seluruh teori kedokteranmelebihi siapapun. Ibnu sina terkenal sebagai seorang otodidak yang handal. Dalam waktu yang relatif singkat yaitu satu setengah tahun Ibnu Sina telah menguasai ilmu Kedokteran tanpa bimbingan dari siapapun. Oleh karena itu di dalam dunia kedokteran dinobatkan sebagai (Bapak Kedokteran). Pada usia 21 tahun ia berhasil menulis karya-karya besar seperti filsafat dan ilmu kedokteran. Bukunya yang paling terkenal yaitu “ Dasar-Dasar Ilmu Kedokteran”.

#4 Ar – Razi

Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderita psikosomatis (penderita gangguan emosi dan mental). Beliau dilahirkan ke muka Bumi pada tahun 865 M. Ar-razi juga dikenal sebagai seorang ahli penyakit campak dan penemu air raksa (Hg) yang dipakai dalam bidang kimia dan kedokteran. Dalam kitab Mansuri beliau menyebutkan semua anggota badan dan menjelaskan fungsinya masing-masing, beliau menulisnya dengan sangat rinci. Ahli sejarah sepakat bahwa Ar-Razi adalah mersecuar bagi kedokteran dalam dunia islam dan barat hingga abad ke-7.

#5 Ibnu Rasyd

Ibnu Rasyd lahir di negeri islam yaitu di kordoba di negara Turki sekarang. Ibnu Rasyd dibesarkan dalam keluarga yang teguh menegakkan agama dan berpengetahuan luas. Tokoh ini lahir pada tahun 1126 M. Ibnu Rasyd muda belajar matematika, astronomi, filsafat dan kedokteran lain kepada Ibnu Bawasykal, Ibnu Masarroh dan Abu Ja’far Harun. Ibnu Rasyd dikenal sebagai perintis ilmu kedokteran umum serta perintis ilmu jaringan tubuh (histrology) dan berjas pula dibidang penelitian-penelitian pembuluh darah dan penyakit cacar. Bukunya yang terkenal yaitu tentang aturan-aturan umum ilmu kedokteran berisi 16 jilid yang sudah diterjemahkan keberbagai bahasa. Kepandaian Ibnu Rasyd pada tahun 1182 membuatnya diangkat sebagai dokter pribadi di negra Maroko. Demikian juga pemikiran beliau sangat berpengaruh dinegara-negara Eropa, terutama di Dunia Universitas-Universitas, bahkan pemikirannya menjadi bahan kajian utama.

Demikian manusia-manusia yang mempunyai pengaruh besar yang sanggat luar biasa dal berbagai bidang kehidupan. Yang memiliki pengarug dan tindakan nyata dalam merunah dunia yang gelap menjadi terang benerang hingga saat ini.
So.. marilah jadikan diri kita sebagai orang yang memiliki perubahan yang berkualitas!! Minimal untuk merubah diri kita yang masih kurang baik menuju keperubahan yang lebih baik.. sekian dan terimakasih.
Salam Sahabat Pena

~ ~ Arif Hermawan ~ ~

No comments:

Post a Comment